eSIM Smartfren Tidak Ada Layanan – Bagi kalian pengguna Smartphone berbasis iOS seperti iPhone maupun iPad yang sudah mendukung layanan eSIM Smartfren. Terkadang layanan eSIM ini kerap memunculkan beberapa masalah, salah satunya adalah eSIM tidak ada layanan.
Terkadang masalah seperti ini kerap membuat pengguna merasa was-was, karena mereka tentunya akan beranggapan apakah Smartphone mereka mengalami kerusakan. Namun sebenarnya masalah eSIM Smartfren tidak ada layanan bisa dikarenakan penyebab lain, bukan karena ada kerusakan pada perangkat.
Untuk informasi terkait penyebab ini tentunya menjadi hal penting, karena dari sini kita nantinya bisa menemukan solusi seperti apa yang harus diterapkan agar eSIM kembali tersedia layanan. Untuk itu kalian bisa terus simak pembahasan kali ini sampai akhir nanti agar mengetahui apa saja penyebab dan solusinya.
Mungkin banyak orang beranggapan jika masalah layanan eSIM tidak tersedia karena adanya error atau kendala pada jaringan keseluruhan di area tercover. Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Untuk mengetahui lebih jelas, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama yang telah kami rangkum berikut ini.
Sekilas Mengenai eSIM Smartfren
Pertama kami akan informasikan lebih dulu sekilas mengenai eSIM Smartfren. eSIM Smartfren adalah standar baru yang dikembangkan oleh GSMA serta digunakan di seluruh dunia. eSIM memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan ke perangkat tanpa menggunakan kartu fisik.
Dari segi fungsi, eSIM juga memiliki fungsi yang sama dengan kartu SIM lainnya, yaitu untuk menyimpan nomor telepon, paket langganan, konfigurasi jaringan yang membuat perangkat bisa terhubung ke jaringan Smartfren.
Berbicara mengenai kelebihan, eSIM ini mampu mengoptimalkan fitur iPhone dimana para pengguna bisa menggunakan fitur dual SIM iPhone (kartu SIM fisik dan eSIM), sehingga akan lebih fleksibel untuk mengatur kebutuhan layanan data, telepon maupun SMS. Dengan eSIM, pelanggan juga bisa menikmati layanan menarik lainnya dari Smartfren.
Ya, awalnya layanan eSIM memang hanya tersedia untuk iPhone saja, namun saat ini Smartphone berbasis Android juga sudah bisa menggunakan eSIM. Di bawah ini ada beberapa daftar perangkat yang mendukung penggunaan eSIM di Indonesia, diantaranya:
- Apple iPad 7, Apple iPad Air 3, Apple iPad mini 5, Apple iPad Pro (11โณ), Apple iPad Pro 2 (11โณ)
- Apple iPhone 11, Apple iPhone 11 Pro, Apple iPhone 11 Pro Max
- Apple iPhone 12, Apple iPhone 12 mini, Apple iPhone 12 Pro, Apple iPhone 12 Pro Max
- Apple iPhone SE 2020
- Apple iPhone XR
- Apple iPhone XS, Apple iPhone XS Max
- Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, Google Pixel 3a, Google Pixel 3a XL
- Google Pixel 4, Google Pixel 4 XL, Google Pixel 4a, Google Pixel 4a 5
- Google Pixel 5
- Huawei P40, Huawei P40 Pro, Huawei Mate 40
- Microsoft Surface Duo, Microsoft Surface Pro X
- Samsung Galaxy Note20, Samsung Galaxy Note20 Ultra, Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G
- Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20 Ultra, Samsung Galaxy S20+
- Samsung Galaxy S21 5G, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, Samsung Galaxy S21+ 5G
- Samsung Galaxy Z Flip, Samsung Galaxy Z Fold, Samsung Galaxy Z Fold 2, Samsung Galaxy Z FLIP3, Samsung Galaxy Z FOLD3.
- Samsung Galaxy Watch4 Classic LTE
Penyebab dan Cara Mengatasi eSIM Smartfren Tidak Ada Layanan
Setelah mengetahui informasi diatas, berikutnya kita akan bahas mengenai penyebab eSIM Smartfren tidak ada layanan. Smartfren menjadi operator seluler yang cukup banyak digunakan oleh para pengguna Smartphone berbasis iOS maupun Android.
Untuk perangkat iPhone, kita tentu mengetahui bahwa ada kebijakan Pemerintah terkait pemblokiran perangkat tidak resmi masuk ke Indonesia. Nah Smartfren ini menjadi operator seluler yang tidak mengikuti kebijakan tersebut.
Namun itu dulu, sekarang Smartfren telah sepenuhnya mematuhi kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah yang sudah diikuti juga dengan banyak operator seluler lainnya. Tidak heran jika belakangan ini banyak yang mengeluhkan jika kartu Smartfren di iPhone sering hilang sinyal.
Lalu, bagaimana dengan eSIM Smartfren yang sinyalnya tidak muncul? Apakah hal ini disebabkan oleh faktor yang sama? Kami sendiri cukup yakin banyak diantara kalian yang penasaran dan ingin tahu. Jadi, kenapa eSIM tidak ada layanan?
Seperti kami sebutkan tadi bahwa Smartfren sudah mengikuti kebijakan blokir akses layanan pada perangkat yang tidak terdaftar sebagai perangkat resmi yang masuk di Indonesia alias IMEI nya diblokir. eSIM sendiri termasuk layanan dari Smartfren, maka cukup wajar apabila terkena efeknya.
eSIM Smartfren tidak ada layanan terkait blokir IMEI juga bukan hanya berlaku pada smartphone berbasis iOS saja, namun Android juga terkena imbas dari adanya kebijakan blokir IMEI untuk perangkat tidak resmi.
Selain penyebab tersebut, ada juga beberapa kemungkinan penyebab lain yang bisa saja terjadi. Mengenai penyebabnya apa saja, di bawah ini kalian simak penyebab berikut solusi masalah eSIM Smartfren tidak ada layanan yang bisa kalian ketahui.
1. Belum Aktivasi
Perangkat yang sudah mendukung fitur eSIM tidak akan bisa digunakan ketika pengguna belum melakukan aktivasi. Untuk itu, pastikan sebelum menggunakan fitur eSIM di HP tersebut, kalian harus mengaktifkan lebih dulu ke operator seluler Smartfren.
Untuk mengaktifkannya, kalian membutuhkan QR Code eSIM yang bisa didapat melalui galeri Smartfren atau outlet tertentu. Sebelum melakukan scan QR Code eSIM, perangkat juga harus terhubung ke internet.
2. Perangkat Tidak Resmi
Penyebab berikutnya adalah karena perangkat iPhone atau Android merupakan perangkat tidak resmi atau tidak dijual di Indonesia, sehingga hal ini menyebabkan perangkat seluler digunakan IMEI menjadi terblokir.
Ketika IMEI terblokir, maka kalian tidak bisa menggunakan layanan eSIM, termasuk layanan eSIM dari operator lainnya. Untuk solusinya, kalian harus mendaftarkan perangkat tersebut di BEA Cukai dan Kemenperin. Setelah perangkat terdaftar, nantinya kalian bisa menggunakan layanan eSIM Smartfren kembali.
3. Area Tidak Terjangkau Jaringan Smartfren
Jika jaringan eSIM Smartfren sebelumnya tidak ada masalah, namun tiba-tiba ketika kalian melakukan perjalanan ke kota lain, sinyal Smartfren hilang. Disini kita tahu bahwa penyebabnya adalah area saat ini tidak terjangkau jaringan Smartfren.
Untuk mengatasinya, kalian harus berpindah ke daerah tersebut atau mencari lokasi yang bisa menjangkau jaringan Smartfren.
4. Error pada Sistem Operasi
Lalu untuk penyebab berikutnya bisa juga karena adanya error pada sistem operasi. Untuk mengatasi masalah seperti ini, kalian bisa mencoba untuk melakukan restart perangkat. Biasanya setelah restart, sistem akan melakukan refresh dan masalah error biasanya akan tertasi.
Setelah melakukan restart, kalian bisa melanjutkan lagi untuk melakukan update sistem operasi. Lakukan update Sistem Operasi dan tunggu sampai proses selesai. Biasanya setelah proses selesai, layanan eSIM bisa tersedia kembali.
5. Jaringan Bermasalah
Penyebab berikutnya adalah karena jaringan Smartfren bermasalah. Jika masalah ini terjadi, kalian bisa menunggu sampai jaringan tersebut kembali stabil dan tersedia layanan.
6. Ada Kerusakan Komponen
Untuk penyebab terakhir bisa saja dikarenakan adanya kerusakan pada komponen di HP Android atau iPhone. Kerusakan komponen ini dapat menyebabkan jaringan pada eSIM tidak menangkan sinyal operator.
Jadi solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membawa perangkat ke Service Apple Center atau ke tempat Service terpercaya di daerah kalian.
Kesimpulan
Dari pembahasan yang kami sampaikan diatas, disini bisa kami simpulkan bahwa eSIM Smartfren tidak ada layanan bisa dikarenakan beberapa penyebab. Untuk penyebab paling umum adalah karena jaringan Smartfren sedang bermasalah.
Namun jika perangkat bukan perangkat resmi, kemungkinan besar perangkat tersebut telah diblokir oleh Pemerintah. Jika seperti ini, maka solusinya adalah dengan mendaftarkan kembali ke Bea Cukai dengan menyiapkan biaya bervariasi tergantung harga perangkat tersebut.
Tinggalkan komentar